Kategori
Muslimah Style

Penyebab Kutu Air dan Cara Penanganannya

Penyebab kutu air bisa bermacam-macam. Kutu air merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur bernama tinea pedis. Seringkali dianggap biasa dan tidak berbahaya, nyatanya kutu air dapat membawa ketidaknyamanan jangka panjang karena bisa menular ke bagian tubuh lain selain sela-sela jari kaki, misalnya tangan atau jemari.

Penyebab Kutu Air dan Cara Penanganannya

Jika dibiarkan tanpa pengobatan, penyakit kulit yang disebut juga dengan athlete’s foot ini akan semakin parah dengan rasa gatal, panas hingga perih yang semakin menjadi. Bahkan pada tahap yang serius kutu air dapat mengakibatkan bagian kulit yang terinfeksi kering serta pecah-pecah.

Namun jangan khawatir, penyebab kutu air atau infeksi jamur tinea pedis ini sebenarnya dapat diobati dengan berbagai cara. Kuncinya adalah konsistensi dalam melakukan perawatan karena jamur tidak bisa hilang hanya dengan sekali pengobatan saja.

Berikut ini adalah sejumlah informasi mengenai kutu air yang wajib Anda tahu supaya dapat mencegah serta mengobatinya.

Ciri-ciri Infeksi Kutu Air

Ketika terjangkit kutu air, ada beberapa gejala yang terlihat dan dirasakan seperti berikut ini:

  • Bagian yang terinfeksi terasa gatal, perih dan juga panas
  • Timbul lecet atau luka di bagian kaki yang gatal, terutama jika sering digaruk
  • Telapak kaki mulai terasa kering hingga nampak pecah-pecah atau mengelupas
  • Kuku kaki memiliki warna berbeda yang biasanya cenderung menguning, keruh dan juga berangsur rapuh

 

Jika merasakan salah satu atau lebih gejala tersebut, besar kemungkinan Anda sedang mengalami kutu air. Perlu diketahui bahwa kutu air bukan hanya menyerang bagian telapak kaki saja namun bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya. Jadi, sangat disarankan untuk tidak menggaruk bagian yang gatal tersebut agar jamur tidak menempel pada jari tangan yang kemudian tanpa sengaja menyebar ke bagian tubuh lain.

Penyebab Kutu Air dan Pengobatan

Pencegahan Kutu Air

Kabar baiknya adalah kutu air atau athlete’s foot dapat dicegah dengan beberapa cara berikut ini:

  • Menjaga kebersihan tubuh secara umum, terutama jika berada di lingkungan yang cenderung panas dan lembab
  • Mencuci kaki sesering mungkin dengan sabun dan mengeringkannya dengan sempurna sebelum memakai kaos kaki atau sepatu untuk menghindari lembab dan hangat yang menjadi tempat sempurna jamur berkembang biak
  • Rutin mengganti kaos kaki
  • Rutin menjemur sepatu atau alas kaki tertutup apapun yang digunakan setiap hari

 

Penanganan Kutu Air

Kutu air dapat diredakan bahkan disembuhkan dengan beberapa cara. Mulai dari menggunakan bahan alami yang ditemukan di sekitar rumah hingga pengobatan medis yang terbukti efektif menghilangkan jamur tinea pedis. Berikut adalah informasinya.

1. Bawang putih

Umumnya bawang putih digunakan untuk memasak. Namun, bumbu dapur yang memiliki aroma menyengat ini ternyata cukup umum digunakan untuk mengobati kutu air. bawang putih mengandung senyawa bernama ajoene yang dapat membantu membunuh dan mencegah pertumbuhan bakteri yang membuat kutu air semakin menjadi. Satu hal yang perlu diingat adalah meskipun dapat mengurangi rasa gatalnya, namun bawang putih tidak bisa benar-benar menyingkirkan jamur penyebab kutu air.

2. Tea tree oil

Selanjutnya ada tea tree oil, minyak esensial yang sering dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan. Dalam minyak esensial ini terkandung senyawa antibakteri dan juga antijamur yang mampu melawan jamur penyebab kutu air dengan penggunaan teratur. Meskipun cukup banyak studi yang membahas efektivitas bahan tersebut, diakui atau tidak pengaplikasiannya membutuhkan ketelatenan mengingat teksturnya yang cenderung licin.

3. Bedak talcum

Bedak talcum atau talc merupakan perawatan selanjutnya yang dapat dicoba. Kandungannya mungkin tidak efektif atau cepat mengatasi jamur. Namun, beda ini mampu menyerap kelembaban pada kaki dan sela-sela jarinya sehingga senantiasa kering dan tidak lembab. Kondisi kering dan bebas lembab ini menyulitkan jamur tinea pedis untuk menyebar atau berkembang biak sehingga diharapkan kutu air dapat segera membaik.

4. Krim klotrimazol

Penanganan terakhir yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan krim antijamur yang mengandung klotrimazol. Dikenal sebagai senyawa yang mampu meresap ke dalam kulit dan membantu membunuh jamur yang menginfeksi bahkan hingga ke akarnya. Biasanya, dalam sekali oles rasa gatal akan berangsur berkurang sehingga keinginan menggaruk dapat berkurang yang juga mengurangi kemungkinan penyebaran. Krim klotrimazol ini sebaiknya diaplikasikan setiap hari pada kaki atau bagian tubuh lain yang terinfeksi, yang sudah dibersihkan dan dikeringkan.

Canesten adalah krim antijamur dengan kandungan clotrimazole 1% yang dapat membantu mengobati infeksi jamur, termasuk tinea pedis alias kutu air. Pastikan mengikuti aturan pakai yang tertera supaya krim bekerja dengan maksimal. Untuk membantu pengobatan, pastikan selalu menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh supaya jamur tidak semakin subur atau datang kembali setelah sembuh nanti.

Referensi :

1. https://my.clevelandclinic.org/
2. https://www.webmd.com/
3. https://www.healthline.com/

Kategori
Muslimah Style

Bahan Kerudung Segi Empat yang Bagus dan Nyaman Dipakai

 

Bahan kerudung segi empat yang bagus akan sangat nyaman dipakai oleh muslimah. Kenyamanan berbusana akan menambah kepercayaan diri, dan menepis berbagai kekhawatiran. Misalnya kekhawatiran kurang tertutupnya aurat dengan sempurna. Dengan demikian kita juga bisa terhindar dari rasa was-was yang dimunculkan oleh setan.

 

Bahan Kerudung Segi Empat yang Bagus dan Nyaman Dipakai

Nah, dari berbagai bahan yang tersedia di pasaran, saya memilki beberapa referensi yang patut muslimah coba untuk bahan jilbab segi empat.

 

Bahan Katun

Untuk bahan jilbab segi empat jenis ini, tentu Muslimah sudah tidak asing lagi. Katun termasuk salah satu jenis bahan kerudung yang paling sering dipilih dan sangat populer. Tekstur lembutnya memberi kenyamanan pada pemakainya.

Keunggulan lain selain bersifat dingin dan sejuk adalah mudah dibentuk. Sedangkan kelemahannya, bahan katun ini mudah kusut dan tidak terlalu tebal. Untuk menyiasatinya kita bisa menyeterika terlebih dulu sebelum memakai.

Jika ada kekhawatiran kurang tebal, kita bisa mengenakan dua layer atau dua lembar sekaligus dengan warna yang berbeda. Selain bebas dari terawang, padu padan dua warna kerudung juga bisa mempercantik penampilan.

Bahan kerudung segi empat yang bagus katun

Polycotton

Bahan kerudung segi empat yang bagus dan nyaman berikutnya adalah Polycotton. Ini merupakan bahan campuran antara bahan plyester dengan katun, makanya disebut dengan Polycotton. Sifat lembut, dingin dan mudah dibentuk masih bisa kita rasakan dari bahan ini, selain juga lebih kuat dan tetap mudah menyerap keringat.

 

Cornskin

 

Jenis bahan jilbab segi empat cornskin memiliki tekstur berserat seperti kulit jagung. Jika dipakai, bahan ini cenderung jatuh tetapi tidak ringan. Bahan cornskin tidak kalah halus dan nyaman ketika dipakai sebagai penutup kepala. Para hijaber bahkan menggunakannya sebagai bahan model kerudung lainnya, seperti pashmina atau jilbab instan aneka gaya.

 

 

Voal

Voal merupakan salah satu bahan kerudung segi empat yang bagus dan istimewa. Ini menjadi salah satu fashion hijab  baru paling digemari sejak beberapa tahun belakangan. Keunggulan bahan ini adalah memberi rasa dingin dan tidak panas ketika dipakai. Kelebihan lainnya adalah ketersediaan warna-warna kekinian untuk bahan voal polos.

Voal juga tampil cantik dalam aneka corak atau motif yang amat menarik. Jika dipadu dengan bahan gamis polos, penampilan muslimah dengan bahan jilbab voal motif ini serasa semakin dinamis.

Bahan kerudung segi empat yang bagus voal

Bahan Jilbab Segi Empat Satin

Bahan satin memang bukan jamak dipakai sebagai daily hijab, satin lebih sering digunakan untuk acara-acara lebih formal. Teksturnya halus, lembut dan licin dan memberi kesan mewah karena sedikit mengkilap. Meski demikian kenyamanan menggunakan jilbab segi empat bahan ini tetap bisa kita dapatkan.

Bahan satin mudah kusut sekaligus mudah dihaluskan dengan bantuan seterika. Yang perlu diingat adalah menggunakan temperatur sedang ketika menyeterika bahan satin.

 

Ceruty

Sedikit mirip dengan kelembutan satin, ada bahan ceruty yang tidak mengkilap seperti satin. Coba cek di berbagai toko online, banyak hijab terbaru dibuat dengan bahan ceruty ini. Kelemahannya ceruty cukup tipis, sehingga untuk menghindari kesan terawang bisa digunakan bersama bahan lainnya seperti katun. Paduan dua warna kontras dari kerudung yang kita kenakan akan menambah kesan elegan.

Bahan kerudung segi empat yang bagus ceruty

Bahan Kerudung Segi Empat yang Bagus Lainnya

Selain bahan-bahan kerudung yang sudah saya tulis sebelumnya, masih ada bahan-bahan lain yang bisa digunakan untuk bahan hijab terbaru  aneka model termasuk kerudung segi empat. Ada kain Double Hicon dan Diamond Crepe yang lembut dan dingin, lemonskin yang mirip dengan bahan cornskin, dan toyobo yang lebih tebal.

Bahan-bahan tersebut semakin memberi pilihan beragam bagi muslimah untuk mengenakan busana sesuai syari’ah. Padu padan warna dan bahan, jenis kain dan motif menarik dan model yang sesuai akan memberi warna bagi khasanah busana muslimah di tengah-tengah kita.

 

Kategori
Muslimah Style

Waspada! Ini Penyebab Keputihan Gatal dan Cara Mengatasinya

 

Penyebab keputihan gatal dan cara mengatasinya menjadi hal yang patut diketahui kaum hawa. Tak dapat dimungkiri bahwa gangguan pada organ kewanitaan seperti keputihan masih menjadi momok hingga saat ini. Ketidaknyamanan saat beraktivitas dan kemungkinan berkembang menjadi penyakit serius adalah beberapa faktor yang membuat wanita harus segera memeriksakan kondisinya ketika mengalami keputihan tak normal.

Penyebab Keputihan Gatal dan Cara Mengatasinya yang Wajib Diketahui Kaum Hawa

Keputihan merupakan lendir atau cairan dari vagina serta leher rahim yang keluar secara alami guna melindungi vagina dari infeksi dan menjaga kelembapan juga kebersihannya. Keputihan umumnya menjadi pertanda jelang menstruasi.

Namun, tak semua kondisi keputihan itu normal, ya. Rupanya ada pula keputihan yang dikategorikan abnormal dengan ciri, vagina gatal, terasa panas seperti terbakar, hingga berbau kurang sedap. Lantas, apakah penyebab keputihan gatal dan cara mengatasinya bagaimana, ya? Simak penjelasan berikut ini!

Infeksi Jamur

Penyebab keputihan gatal yang pertama yaitu infeksi jamur. Tahukah Anda bahwa vagina ternyata mempunyai jamur atau ragi? Jamur ini berguna untuk menjadi penyeimbang fungsi organ reproduksi wanita sehingga mampu bekerja secara normal.

Akan tetapi, tak selamanya pertumbuhan jamur ada dalam batas wajar. Terdapat beberapa kondisi yang membuat jamur vagina berkembang tak terkendali atau jumlahnya berlebih sehingga justru memicu munculnya gangguan kesehatan pada organ reproduksi.

Penyebab infeksi jamur yang terjadi pada vagina antara lain, stres, lemahnya imunitas tubuh, diabetes, konsumsi antibiotik, makanan manis, ketidakseimbangan hormon, hingga kurang tidur.

 

Trikomoniasis

Trikomoniasis terjadi karena adanya penularan protozoa atau organisme bersel tunggal pada hubungan seks bebas (hubungan tanpa kondom secara anal, oral, atau vaginal). Dengan demikian Anda harus waspada sebab apabila pasangan mengidap trikomoniasis, bisa saja menulari Anda melalui hubungan seks. Risiko terjangkit salah satu penyakit organ kewanitaan ini semakin tinggi dikarenakan beberapa faktor seperti:

  • Bergonta ganti pasangan
  • Adanya riwayat infeksi menular tertentu dan memang pernah mengidap trikomoniasis sebelumnya.

Ciri-ciri seseorang mengidap trikomoniasis antara lain, rasa sakit yang dialami ketika buang air kecil dan sewaktu berhubungan, sensasi terbakar, kemerahan di area kewanitaan, keputihan berbau menyengat, terasa gatal, dan berwarna (keabuan, putih, kehijauan, hingga kekuningan).

Infeksi Bakteri

Selain jamur, vagina pun mengandung bakteri baik. Sayangnya, terkadang ada kondisi di mana bakteri jahat jumlahnya lebih banyak dibandingkan bakteri baik. Nah, hal inilah yang menyebabkan infeksi bakteri.

Apa sajakah faktor pemicu infeksi bakteri? Hampir sama dengan infeksi jamur, kondisi bakteri yang abnomal pada organ kewanitaan pun dipicu oleh beberapa hal di antaranya:

  • Memiliki pasangan lebih dari satu
  • Kurang menjaga kebersihan organ kewanitaan
  • Kebiasaan membersihkan vagina memakai sabun kewanitaan.

Infeksi bakteri bukan hanya ditandai dengan keputihan yang gatal, tetapi juga berwarna (kehijauan, abu-abu, keputihan), bau tak sedap, serta rasa terbakar ketika buang air kecil.

Gonore

Penyebab keputihan gatal berikutnya adalah gonore atau infeksi alat kelamin, tenggorokan, juga dubur. Gonore dikenal pula dengan kencing nanah. Disebut-sebut sebagai penyakit yang hanya diderita kaum adam saja, nyatanya gonore pun bisa menjangkiti para wanita, lo. Lalu, apa saja gejala gonore?

  • Keputihan yang banyak dan gatal
  • Rasa panas dan sakit ketika buang air kecil
  • Nyeri perut dan panggul
  • Sakit ketika berhubungan seks
  • Pendarahan usai berhubungan atau antara periode haid.

 

Setelah mengetahui penyebab keputihan gatal, mari cermati cara mengatasi rasa gatal akibat keputihan tersebut. Pertama, pastikan Anda selalu menjaga kebersihan vagina.  Kedua, jika vagina gatal kompreslah menggunakan air hangat atau bila sudah tak tertahankan pakailah air es. Ketiga, tatkala kondisi tak kunjung membaik Anda dapat mengonsumsi obat dari dokter atau mengoleskan salep khusus.

Menjaga Vagina Bersih dan Sehat Bersama Betadine Feminine Care

Pola hidup bersih wajib dilakukan siapapun. Ini harus menjadi kebiasaan yang tidak boleh ditinggalkan. Pasti kita hapal dengan quote Kebersihan Pangkal Kesehatan. Nah, menjaga kebersihan diri menjadi langkah awal untuk menuju hidup sehat dan berkualitas.

Untuk menjaga area wanita, kita bisa menggunakan rangkaian produk Betadine Feminine Care. Salah satunya BETADINE® Feminine Hygiene PVPI 10%. Cairan antiseptik kewanitaan ini akan membantu mengatasi gejala iritasi ringan atau rasa gatal pada vagina. Gatal karena keputihan bisa disebabkan oleh Trichomonas Vaginalis, Candida Albicans, dan Gardnerella Vaginalis. Bukan hanya membuat tidak nyaman, keputihan yang dibiarkan tanpa penanganan yang tepat akan menimbulkan akibat yang lebih fatal. Kebersihan area ini juga harus lebih diperhatikan ketika sedang datang bulan.

Cara Menggunakan Betadine Feminine Hygiene PVPI 10%

  • Siapkan mangkuk atau tempat untuk melarutkan berisi 1 liter air bersih
  • Tuang sedikit BETADINE® Feminine Hygiene. Agar lebih mudah gunakan tutup botol untuk mengukurnya
  • Larutkan 1 tutup botol cairan antiseptik kewanitaan ( sekitar 8 ml) dengan 1 liter air yang sudah kita siapkan tadi.
  • Basuhkan pada vagina, dan diamkan selama kurang lebih 1 menit,
  • Bilas dengan air bersih
  • Keringkan dengan handuk kering dan bersih

Nah, untuk produk kebersihan area wanita lainnya bisa kita temukan di website https://betadine.co.id/. Menjaga kebersihan, bukan hanya dilakukan ketika mengalami gangguan kesehatan, tetapi jadikan sebagai gaya hidup sehari-hari.

Penutup

Demikian pembahasan tentang penyebab keputihan gatal dan cara mengatasinya. Organ kewanitaan sudah sepatutnya dijaga kesehatan dan kebersihannya. Namun, bila telanjur terkena keputihan abnormal, pastikan Anda lebih waspada. Segera lakukan pemeriksaan dan jalani pengobatan supaya kondisi vagina sehat kembali.

Sumber referensi:

https://hellosehat.com/

https://health.kompas.com/

 

Kategori
Muslimah Style

Menghilangkan Memar Pada Anak dan Cara Ampuh Mengatasinya

Menghilangkan memar pada anak membutuhkan kehati-hatian. Memar pada anak merupakan salah satu cedera yang umum terjadi, terutama jika dia aktif bermain. Terjatuh, terbentur meja atau terbentur benda keras lainnya menjadi penyebab paling umum terjadinya memar. Kendati memar atau lebam biasanya tidak berbahaya jika tanpa keluhan nyeri luar biasa, bukan berarti Ibu boleh mengabaikannya mengingat anak pasti kesakitan karena reaksi bengkak yang dialaminya.

Menghilangkan Memar Pada Anak Dengan Segera

Memar sendiri adalah sebuah kondisi dimana pembuluh darah kecil di bawah kulit pecah akibat benturan keras. Pecahnya pembuluh ini membuat darah merembes ke jaringan di sekitarnya kemudian membeku sehingga memar pasti menunjukkan warna keunguan, kebiruan maupun hitam. Perembesan darah yang membeku ini akan diikuti dengan bengkak ringan yang terasa sakit ketika ditekan.

Baca juga : 5 Wisata Halal di Jakarta

Untuk meringankan semua gejala tersebut, Ibu bisa melakukan langkah pertolongan untuk menghilangkan memar, seperti cara berikut ini:

Istirahat yang cukup 

Ketika ada bagian tubuh yang lebam atau mengalami memar, salah satu cara mengatasinya adalah dengan istirahat yang cukup, terutama pada bagian yang trauma. Istirahat dan mengurangi kegiatan memang tidak bisa membuat memar hilang begitu saja. Namun, langkah ini dapat m

meredakan nyeri akibat memar pada anak karena tubuh tidak banyak bergerak sekaligus mencegah terjadinya bengkak atau peradangan yang lebih parah. Jika bagian yang memar sudah dirasa membaik dan nyeri berkurang, barulah aktivitas dapat dilakukan kembali selama tidak memforsir tubuh.

Kompres dingin 

Kompres dingin adalah cara konservatif namun tetap efektif untuk meredakan nyeri dan juga bengkak yang biasanya mengikuti lebam dan memar. Suhu dingin yang berasal dari handuk yang direndam es atau bahkan es yang dihancurkan akan “mematikan” saraf sakit untuk sementara sehingga bagian yang memar tidak terasa begitu menyakitkan. Suhu dingin ini juga membantu meredakan pembengkakan yang terjadi dengan cara mempersempit pembuluh darah sehingga memar tidak menyebar.

Cara melakukan kompres dingin adalah siapkan handuk dan juga es batu atau setidaknya air es. Anda bisa menggunakan handuk tersebut untuk membungkus bongkahan es atau merendamnya dalam air es. Kemudian kompreskan pada bagian yang memar selama 10-15 menit. Setelah nyeri berkurang, ulangi pengompresan ini lagi dan diamkan dalam waktu lebih lama sampai rasa dingin dari handuk menguap.

Kompres air hangat 

Jeda sekitar 2 hari setelah luka memar diberikan kompres dingin yang bertujuan mempersempit pembuluh darah untuk mencegah memar yang menyebar, Anda bisa melanjutkannya dengan melakukan kompres air hangat. Kompres air hangat diharapkan dapat membuka pembuluh dan melancarkan aliran darah sehingga pembekuan yang terjadi dapat segera larut dalam aliran tersebut. Dengan begini, memar akan cepat sembuh dan warna kehitaman pada luka juga lekas menghilang.

Cara melakukan kompres air hangat sama dengan kompres dingin. Siapkan handuk dan juga air hangat cenderung panas. Rendam handuk di dalam air hangat kemudian peras dan kompreskan ke bagian yang mengalami memar. Diamkan selama 10-15 menit, kemudian basahi kembali handuk kompres dan ulangi langkah di atas.

Baca juga : A-H Nama Bayi Laki-Laki Islami SehatQ Unik dan Istimewa

Mengoleskan salep berbahan alami 

Jika terjadi memar pada anak, ada sejumlah bahan alami yang sudah terbukti ampuh dalam meringankan luka lebam dan memar. Bahan-bahan alami tersebut bisa dalam bentuk tanaman maupun minyak esensial. Misalnya saja lidah buaya yang dikenal luas karena efek soothing yang menenangkan peradangan. Ambil bagian dagingnya, tumbuk kasar kemudian balurkan pada bagian yang memar. Sedangkan untuk minyak esensial, Anda bisa langsung mengoleskan misalnya minyak camphor atau minyak eucalyptus pada memar dan diamkan sampai minyak mengering dan diserap oleh kulit.

Jika ingin lebih praktis, Anda bisa menggunakan salep yang mengandung kombinasi bahan alami tersebut. Zambuk mengandung minyak camphor dan minyak eucalyptus yang memberikan rasa hangat yang menenangkan bagian tubuh yang mengalami memar. Efek antiinflamasi keduanya juga membantu meredakan bengkak serta peradangan pada kulit yang terbentur. Selalu sediakan salep Zambuk di rumah agar bisa memberikan pertolongan pertama saat memar terjadi pada buah hati. 

 

Referensi:

  1. https://www.healthline.com/
  2. https://kidshealth.org/en/teens/bruises.html
  3. https://www.byrdie.com/

 

Kategori
Muslimah Style

7 Tips Meredakan Ruam Popok Si Kecil

Pernah menemukan ruam warna merah di sekitar pantat dan selangkangan bayi? Bisa dibayangkan bagaimana perasaan kita sebagai orang tua saat pertama kali menemukan ada ruam popok yang menjangkiti Si Kecil. Ya, wajar apabila Bunda merasa bertanya-tanya, apakah masalah kulit ini akan bertambah parah atau bagaimana. Sayangnya, ruam popok hanyalah salah satu dari daftar masalah kulit yang mungkin terjadi pada buah hati tercinta. Apalagi, survei membuktikan ada banyak dari bayi yang mengenakan popok (yang berusia antara 6-15 bulan), setidaknya sempat mengalami ruam popok walau hanya sekali.

 

Meski begitu, bukan berarti Si Kecil bisa luput dari masalah ruam popok yang sering kambuh. Penyebabnya? Karena faktor utamanya belum ditangani sehingga ruam selalu muncul kembali. Ya, masalah kenapa bayi kita bisa terkena ruam popok tetap masih akan ada. Kabar baiknya, info kali ini akan menjelaskan penyebab serta tips untuk mengatasi ruam popok yang membandel.

 

Kenali Penyebab Ruam Popok Bayi

 

Catat Moms, seringkali kondisi ruam popok parah pada bayi pada bayi dipicu karena:

  • kondisi kulit pantat bayi lembab: Kulit lembab tidak terjadi secara tiba-tiba Moms. Hal ini bisa terjadi apabila kulit basah oleh keringat karena popok terlalu ketat, atau karena pantat bayi belum benar-benar kering saat popoknya dipasangkan.
  • Gesekan dan iritasi kulit: gesekan yang disebabkan oleh pergesekan antara popok dengan kulit bayi yang masih tipis dan sensitif dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Potensi faktor ini sangat mungkin terjadi, pasalnya popok memang menampung sejumlah kumpulan air kencing dan tinja. Bisa jadi, bayi kita pun sensitif pada beberapa produk sabun atau merk popok yang kita beli.
  • Jarang mengganti popok: Prinsip utama dalam menjaga kesehatan kulit adalah selalu mengganti popok yang sudah kotor. Selain itu, coba istirahatkan buah hati kita dari popok ya, Moms. Pasalnya, bayi yang terus menerus memakai popok selama seharian berpeluang mengalami ruam, terutama karena kulitnya yang masih tipis dan rentan tidak diistirahatkan untuk bisa bernapas lebih baik.

cara meredakan ruam popok

Berikan Perawatan Kulit yang Lembut

 

Bila ruam popok pada buah hati sudah terlanjur terjadi, jangan panik Moms, setidaknya ada beberapa saran di bawah ini yang bisa Anda ikuti, seperti:

  • Pastikan Kulit Bayi Tidak Lembab

Salah satu langkah untuk mencegah buah hati kita tidak mengalami iritasi adalah dengan berupaya mengganti popoknya secara teratur. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan secara berkala, apakah popoknya sudah terisi oleh kotoran atau belum. Selain itu, bersihkan bagian selangkangan dari arah depan ke belakang, jangan sebaliknya ya Moms. Terakhir, pastikan kulit bayi sudah benar-benar kering sebelum dipasangkan dengan popok baru yang masih bersih.

  • Jangan Gunakan Produk yang Bisa Mengiritasi

Seringkali, bayi sensitif terhadap produk yang mengandung zat pemutih, pewangi dan alkohol. Nah, bisa jadi, kulitnya memang tidak kuat terhadap beberapa produk seperti sabun, deterjen, parfum, tisu basah, atau merk popok itu sendiri. Coba review dan singkirkan produk-produk yang kemungkinan berpotensi menjadi penyebab ruam popok pada buah hati tercinta.

  • Cek Kembali Menu Dietnya

Apa yang ia makan seringkali menjadi penyebab dari ruam popok, Moms. Misalnya saja, bayi yang baru diperkenalkan dengan menu baru atau MPASI akan mengalami diare. Nah, diare ini berpotensi untuk mengiritasi kulit bayi, karena ada perubahan pada tingkat keasaman atau pH dalam kotorannya.

  • Oleskan salep popok bayi

Apabila kulit bayi sudah terlanjur terkena ruam, Moms bisa mencoba untuk mengaplikasikan salep Bepanthen yang memang didesain khusus sebagai salep popok bayi. Salep ini mengandung vitamin B5 yang mampu merawat kulit yang terkena ruam popok dengan cara menjaga skin barrier. Bukan hanya itu, jika digunakan secara teratur, salep popok ini juga bisa digunakan untuk membantu mencegah ruam. Cukup oleskan salep Bepanthen pada kulit yang bersih dan kering setiap penggantian popok.

 

Jika Tak Kunjung Reda, Bawa ke Dokter

Penanganan lebih lanjut oleh dokter meliputi pemberian resep krim antijamur atau antibiotik untuk mengatasi ruam popok parah pada bayi. Apabila Moms sudah menerapkan seluruh langkah di atas namun kondisi kulit buah hati tak kunjung membaik setelah beberapa hari, atau ketika terdapat tanda-tanda seperti melepuh dan muncul nanah (tanda ada infeksi bakteri), jangan ragu untuk membawanya ke dokter. 

 

Kategori
Muslimah Style

7 Adab Minum Sesuai Sunnah Rasulullah Saw.

 

Adab minum sesuai sunnah menjadi teladan bagi semua muslim. Alangkah baiknya umat Islam melakukan segala hal seperti yang disunahkan Nabi Muhammad saw. Berikut adab minum dalam Islam yang penting untuk diketahui!

1. Niat

Sebelum minum pastikan sudah mengucap niat terlebih dahulu. Niat harus diyakini dalam hati dan diwujudkan dalam perbuatan.

2. Membaca Doa

Bacalah doa sebagai bentuk permohonan kepada Allah Swt. Dengan doa diharapkan air yang masuk ke dalam tubuh akan membawa kebaikan.

3. Dilarang Minum Secara Langsung dari Mulut Teko

Terdapat perbedaan pendapat antar ulama terkait minum secara langsung dari mulut teko. Ada yang berpendapat haram, tetapi sebagian besar menilai bahwa hukumnya makruh. Oleh sebab itu, sebaiknya tuang air terlebih dahulu ke dalam gelas saja. Kecuai apabila dalam kondisi mendesak atau terpaksa.

4. Menggunakan Tangan Kanan

Sama halnya seperti adab makan, minum juga dianjurkan menggunakan tangan kanan. Dengan demikian minuman yang masuk ke tubuh tak sebatas lebih menyegarkan, tetapi juga membawa berkah.

5. Tidak Bernapas atau Meniup Air Minum

Rasulullah saw. bersabda, “Jika kalian minum, maka janganlah bernafas dalam wadah air minumnya.” (HR. Bukhari dan Muslim). Hal ini sebagai bentuk kewaspadaan sebab siapa tahu saat mengembuskan napas ke air atau meniup air minum ada kotoran yang ikut masuk ke dalamnya.

6. Tutuplah Botol Minum di Malam Hari

Rasulullah saw. bersabda, “Tutuplah bejana-bejana dan wadah-wadah air. Karena ada satu malam dalam satu tahun wabah/penyakit turun pada malam itu. Tidaklah penyakit itu melewati bejana yang tidak tertutup, atau wadah air yang tidak ada tutupnya, melainkan penyakit tersebut akan masuk ke dalamnya.” (HR Muslim).

Oleh sebab itulah, wajib menutup botol minum atau gelas di malam hari.

7. Bersyukur

Adab minum sesuai sunnah berikutnya ialah tidak mencela makanan dan minuman. Tindakan ini dilarang dalam Islam. Bagi Anda yang tengah bertamu misalnya, tetapi tidak suka terhadap minuman yang disajikan tuan rumah sebaiknya tahan lidah untuk mencela. Sebab semua yang Anda peroleh ialah berkah yang patut senantiasa disyukuri.

Adab minum sesuai sunnah telah dibahas dan diharapkan sebagai muslim dapat menjadikannya teladan serta kebiasaan baik. Semoga dengan mengikuti jejak Rasulullah saw. keberkahan akan didapatkan.

Kategori
Muslimah Style

5 Pekerjaan yang Halal untuk Wanita dalam Islam

 

Pekerjaan yang halal untuk wanita  dalam Islam memiliki beberapa syarat . Salah satunya ialah tidak bercampur dengan lawan jenis. Artinya antara lelaki dan wanita tak berinteraksi terlalu intens, melakukan komunikasi sewajarnya, sehingga tidak menimbulkan fitnah. Pastikan pula pekerjaan tersebut tidak membuat Anda lalai terhadap tugas dan kewajiban di rumah.

Lantas apa saja pekerjaan yang halal untuk wanita dalam Islam? Berikut beberapa di antaranya.

1. Membuka Online Shop

Usaha online terus berkembang pesat dan kian diminati. Selain praktis dan hemat waktu, toko-toko online menawarkan harga yang bersaing bahkan terkadang lebih murah dibandingkan lapak offline. Oleh sebab itu, online shop menjadi peluang bisnis yang bersinar hingga saat ini.

Pekerjaan ini juga halal dilakukan para wanita asalkan tetap mengetahui patokan dalam berkomunikasi dan berinteraksi terutama saat bersama lawan jenis. Jadi, bagaimana jika ingin meminimalkan interaksi dengan laki-laki ? Anda dapat memilih produk khusus wanita sebagai barang jualan misalnya, jilbab, gamis, pakaian dalam, atau kosmetik.

2. Penulis

Penulis merupakan salah satu profesi yang tepat bagi muslimah. Seorang penulis umumnya dapat bekerja secara remote dan lebih sering menatap laptop, buku catatan, serta printer. Pekerjaan ini memerlukan konsentrasi tinggi dan tidak dituntut untuk sering keluar rumah.

 

3. Usaha Salon Muslimah

Salon muslimah belum banyak dibuka dan menjadi ladang bisnis baru yang cukup menjanjikan. Wanita berjilbab juga membutuhkan perawatan rambut dan tubuh supaya tetap cantik. Membuka salon muslimah mampu memenuhi kebutuhan perawatan kecantikan wanita muslim. Selain itu, jika usaha ini ramai Anda dapat membuka lowongan kerja bagi para muslimah.

 

4. Usaha Katering

Wanita tidak bisa lepas dari aktivitas masak-memasak. Membuka katering menjadi pekerjaan yang halal untuk wanita. Tidak main-main, dalam memulai bisnis ini dibutuhkan keterampilan memasak dan promosi yang memadai. Demi kenyamanan bersama Anda dapat merekrut lebih banyak pekerja wanita dan membuat peraturan yang jelas jika ada karyawan laki-laki guna menghindari fitnah.

 

5. Day Care

Jenis pekerjaan yang halal untuk wanita selanjutnya adalah jasa penitipan anak atau lebih populer disebut day care. Usaha ini sangat cocok bagi para wanita terutama mereka yang menyukai anak kecil. Apabila di lingkungan Anda banyak wanita karir yang sibuk sehingga bingung menitipkan buah hatinya, usaha ini bisa dijajal.

Pekerjaan yang halal untuk wanita sebetulnya ada beragam. Selain beberapa profesi di atas, menjadi pengajar, desainer busana, atau blogger juga bisa dilakoni para wanita. Pekerjaan apapun yang dipilih patokannya tetap. Tidak boleh bercampur baur atau melakukan interaksi berlebihan dengan lawan jenis, menjaga pandangan, menggunakan busana yang menutup aurat, dan tak lupa meminta izin kepada orang tua atau suami apabila telah menikah. Hal ini dilakukan supaya pekerjaan yang dilakukan tak hanya mendatangkan rezeki berlimpah tetapi juga penuh berkah.

Kategori
Muslimah Style

Blog Muslimah, Ilmu Bertambah Iman Bertumbuh

Blog Muslimah ini saya hadirkan untuk muslimah di mana saja berada sebagai sarana belajar soal agama, mulai dari yang ringan saja, sesuai batas kemampuan kita.