pub-4280366108865055
Kategori
Muslimah Style

Menghilangkan Memar Pada Anak dan Cara Ampuh Mengatasinya

Menghilangkan memar pada anak membutuhkan kehati-hatian. Memar pada anak merupakan salah satu cedera yang umum terjadi, terutama jika dia aktif bermain. Terjatuh, terbentur meja atau terbentur benda keras lainnya menjadi penyebab paling umum terjadinya memar. Kendati memar atau lebam biasanya tidak berbahaya jika tanpa keluhan nyeri luar biasa, bukan berarti Ibu boleh mengabaikannya mengingat anak pasti kesakitan karena reaksi bengkak yang dialaminya.

Menghilangkan Memar Pada Anak Dengan Segera

Memar sendiri adalah sebuah kondisi dimana pembuluh darah kecil di bawah kulit pecah akibat benturan keras. Pecahnya pembuluh ini membuat darah merembes ke jaringan di sekitarnya kemudian membeku sehingga memar pasti menunjukkan warna keunguan, kebiruan maupun hitam. Perembesan darah yang membeku ini akan diikuti dengan bengkak ringan yang terasa sakit ketika ditekan.

Baca juga : 5 Wisata Halal di Jakarta

Untuk meringankan semua gejala tersebut, Ibu bisa melakukan langkah pertolongan untuk menghilangkan memar, seperti cara berikut ini:

Istirahat yang cukup 

Ketika ada bagian tubuh yang lebam atau mengalami memar, salah satu cara mengatasinya adalah dengan istirahat yang cukup, terutama pada bagian yang trauma. Istirahat dan mengurangi kegiatan memang tidak bisa membuat memar hilang begitu saja. Namun, langkah ini dapat m

meredakan nyeri akibat memar pada anak karena tubuh tidak banyak bergerak sekaligus mencegah terjadinya bengkak atau peradangan yang lebih parah. Jika bagian yang memar sudah dirasa membaik dan nyeri berkurang, barulah aktivitas dapat dilakukan kembali selama tidak memforsir tubuh.

Kompres dingin 

Kompres dingin adalah cara konservatif namun tetap efektif untuk meredakan nyeri dan juga bengkak yang biasanya mengikuti lebam dan memar. Suhu dingin yang berasal dari handuk yang direndam es atau bahkan es yang dihancurkan akan “mematikan” saraf sakit untuk sementara sehingga bagian yang memar tidak terasa begitu menyakitkan. Suhu dingin ini juga membantu meredakan pembengkakan yang terjadi dengan cara mempersempit pembuluh darah sehingga memar tidak menyebar.

Cara melakukan kompres dingin adalah siapkan handuk dan juga es batu atau setidaknya air es. Anda bisa menggunakan handuk tersebut untuk membungkus bongkahan es atau merendamnya dalam air es. Kemudian kompreskan pada bagian yang memar selama 10-15 menit. Setelah nyeri berkurang, ulangi pengompresan ini lagi dan diamkan dalam waktu lebih lama sampai rasa dingin dari handuk menguap.

Kompres air hangat 

Jeda sekitar 2 hari setelah luka memar diberikan kompres dingin yang bertujuan mempersempit pembuluh darah untuk mencegah memar yang menyebar, Anda bisa melanjutkannya dengan melakukan kompres air hangat. Kompres air hangat diharapkan dapat membuka pembuluh dan melancarkan aliran darah sehingga pembekuan yang terjadi dapat segera larut dalam aliran tersebut. Dengan begini, memar akan cepat sembuh dan warna kehitaman pada luka juga lekas menghilang.

Cara melakukan kompres air hangat sama dengan kompres dingin. Siapkan handuk dan juga air hangat cenderung panas. Rendam handuk di dalam air hangat kemudian peras dan kompreskan ke bagian yang mengalami memar. Diamkan selama 10-15 menit, kemudian basahi kembali handuk kompres dan ulangi langkah di atas.

Baca juga : A-H Nama Bayi Laki-Laki Islami SehatQ Unik dan Istimewa

Mengoleskan salep berbahan alami 

Jika terjadi memar pada anak, ada sejumlah bahan alami yang sudah terbukti ampuh dalam meringankan luka lebam dan memar. Bahan-bahan alami tersebut bisa dalam bentuk tanaman maupun minyak esensial. Misalnya saja lidah buaya yang dikenal luas karena efek soothing yang menenangkan peradangan. Ambil bagian dagingnya, tumbuk kasar kemudian balurkan pada bagian yang memar. Sedangkan untuk minyak esensial, Anda bisa langsung mengoleskan misalnya minyak camphor atau minyak eucalyptus pada memar dan diamkan sampai minyak mengering dan diserap oleh kulit.

Jika ingin lebih praktis, Anda bisa menggunakan salep yang mengandung kombinasi bahan alami tersebut. Zambuk mengandung minyak camphor dan minyak eucalyptus yang memberikan rasa hangat yang menenangkan bagian tubuh yang mengalami memar. Efek antiinflamasi keduanya juga membantu meredakan bengkak serta peradangan pada kulit yang terbentur. Selalu sediakan salep Zambuk di rumah agar bisa memberikan pertolongan pertama saat memar terjadi pada buah hati. 

 

Referensi:

  1. https://www.healthline.com/
  2. https://kidshealth.org/en/teens/bruises.html
  3. https://www.byrdie.com/

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.